Selasa, 30 Januari 2018

SAHABAT

بسم الله الرحمن الرحيم

ARTI SAHABAT
oleh : ismail

co..ki..ca..il
-asal tanjung balai karimun (sumatra) yang katanya pusat kriminalitas, gokil, kadang rajin tapi paling sering malasnya, padahal anak ustadz, paling lama kalau nentuin pilihan, sukanya dengerin rege sambil naik vespa, rambut pendek botak gitu lh.
"Hariadi prayoga sukma/ucok"

-asal solo, alhamdulillah masih daerah jawa, kota santri, nih sama kadang rajin tapi paling sering malasnya, angannnya sih pengen keliling dunia dan mendirikan lembaga pendidikan, masuk kuliah aja bisa di hitung berapa kali, saat yang lain ingin kuliah dia malah ingin di DO dari kampus, sukanya kabur dari kelas, rambutnya panjang dibiarin berantakan lagi. "dicky priambodho/zulebid"

-asal bengkulu (sumatra), pusat pelecehan seksual dan pembegalan, tapi kalau nih in shaa allah rajin tapi kalau malasnya datang uhh seharian gak nongol di pondok, gak boros, sukanya liat akhwat cadaran, rambutnya lumayan panjang tapi alhamdulillah bisa di urus. "nur hadi/ca"

-wah sekarang giliran yang nulis nih, gak usah aja ya karena kata paman ku "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun. Karena yang menyukaimu tidak butuh itu, dan yang membencimu tidak percaya itu" (Ali Bin Abi Tholib)

10 september 2016, pertama kali menginjakkan kaki di tanah gersang, maklum karena di atas gunung batu kapur,di kelilingi hutan jati, tapi jatinya sudah tak bergairah untuk hidup lagi, sumber air jauh, yang kelihatan hanya fatamorgana.

Tapi anehnya tak sampai beberapa minggu setelah aku dan teman-teman seangkatan ku tiba di tempat itu, suasana berubah drastis, pepohonan yang kering kembali hijau, rahmat Allah selalu membasahi tanah itu, sehingga mudah mendapatkan air. ya itulah gunung kukusan, kecamatan panceng, kabupaten gersik.

aku tinggal berasrama menempati kamar satu, disni lh awal perjuangan bermula. sama sekali tak mengenal mereka, ada yang orangnya calm, gokil, so' cool, heboh, segala bentuk rupa ada disitu.

seiring waktu berlalu, mulai akrab, jalan bareng, tertawa bareng, makan bareng karena satu nampan, tidur bareng karena gak ada ranjang karena di lantai, mandi bareng karena mandinya di sumur, saking akrabnya,  kalau melanggar pertauran juga bareng tapi ini jarang ya.

Susah senang ya senang-senang aja, sahabat lebih berharga dari uang, sahabat bisa membawa mu hingga ke ridho Allah, sahabat bahkan lebih berharga dari pacar "bagi yang pacaran".

tapi sahabat yang mampu membawamu menjadi lebih baik itu jarang, menurut saya sahabat ada dua macam yakni sahabat dunia dan sahabat akhirat, memang kita gak tau siapa dia sahabat dunia dan sahabat akhirat kita, tapi bisa di ketahui dari seluk beluk jalan persahabatan mu dengannya.

sahabat dunia, jalan bareng tertawa bareng, ketika salah hanya dibiarkan saja, tidak mengajak kepada hal hal yang bermanfaat, bahkan ketika engkau membutuhkannya dia tidak siap untuk hadir, namanya saja sahabat DUNIA, pasti akan hilang.

sahabat akhirat, jalan bareng tertawa bareng, sholat bareng, ke majelis bareng, ketika kau salah dia menegur dengan bahasa persahabatan kalian, mengajak ke hal yang bermanfaat, kapan saja kau butuh dia in shaa allah dia ada untuk itu, sahabat akhirat bisa di bagi dua yakni partner hidupmu (istri) atau teman akrab mu.

صديقك من ابكاك، لا من اضحكك
"sahabat mu adalah yang menangisi mu, bukan yang menertawakan mu"

Ya allah jadikanlah sahabat-sahabat ku di dunia sekarang ini menjadi sahabat-sahabat ku di akhirat juga. Amiiinn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ibumu Duniamu, Ibumu Akhiratmu

November 2007, hari itu aku membawa keluarga kecilku keluar dari kampung halaman yang hampir sebagian besarnya dihuni oleh keluargaku se...